Selasa, 16 Desember 2008

Perilaku Konsumen
Perusahaan harus memahami perilaku konsumennya. Tidak adanya pemahaman terhadap motivasi, kebutuhan dan kesukaan/preferensi konsumen merupakan sumber kegagalan terbesar pemasaran. Mempelajari kebutuhan konsumen dapat memberikan petunjuk bagi pengembangan produk baru, keunggulan produk, penentuan harga, saluran pemasaran dan pesan iklan serta elemen bauran pemasaran lainnya. Bagian ini membahas perilaku atau dinamika pembelian konsumen dan juga dinamika pembelian yang dilakukan oleh pembeli bisnis. Bab ini membahas apa yang terjadi pada diri konsumen dan bagaimana iklan dan promosi dapat digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian, juga akan dibahas pengaruh dari berbagai konsep psikologi seperti motivasi, persepsi, sikap dan proses integrasi. Pada bagian akhir kita akan melihat bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen termasuk juga aspek pembelajaran konsumen (consumer learning) serta berbagai pengaruh eksternal yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Tidak ada komentar: